Penanaman 400 Pohon di Benteng Asakota

Penanaman 400 Pohon di Benteng Asakota

Bersama komunitas pemuda pemudi Desa Punti Benteng Asakota, Yayasan Kabua Dana Rasa melakukan penghijauan kembali area situs bersejarah Benteng Asakota yang terletak di Desa Punti, Soromandi, Donggo, Kabupaten Bima.

“Ada 400 bibit pohon yang kita tanam antara lain bibit tanaman srikaya, nangka dan mahoni” terang Fahmi, anggota Yayasan di lapangan.

Keringnya area tersebut membuat pemuda pemudi dan yayasan resah sehingga diperlukan penanaman pohon dan pembuatan pagar supaya tidak ada ternak yang masuk ke lokasi penghijauan.

“Ternak dapat merusak tanaman yang sudah kita tanam terutama tanaman nangka”, terang ketua komunitas.

Aksi penghijauan kembali atau reboisasi ini dilakukan pada hari Rabu tanggal 28 Oktober 2020 bertepatan dengan hari sumpah pemuda.

“InsyaAllah, penghijauan ini merupakan tahap awal artinya akan ada langkah lanjutannya”, ujar Andang, selaku ketua Yayasan.

Yayasan Kabua Dana Rasa juga mengucapkan rasa bangga dan syukur adanya generasi muda yang mau memperhatikan lingkungan ini.

“Kami sangat bersyukur, ada komunitas pemuda pemudi yang peduli dengan lingkungan. Mereka bersemangat dengan melakukan langkah nyata di lapangan, bukan dengan bualan teori-teori di atas kertas saja”, terang Andang.

Jika dibandingkan dengan luas lahan, bibit yang berjumlah 400 buah ini tentu masih sangat kurang. Maka, ini direncanakan semoga bisa dilakukan penanaman kembali di bulan-bulan selanjutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.