Keinginan Belajar dan Kecerdasan

Keinginan Belajar dan Kecerdasan
Oleh. Maulana Ishak.

Apa yang menyebabkan seseorsng bernilai? Jawabnya adalah KECERDASAN. Perlu dipahami Kecerdasan ada 3 bagian, yaitu Intelektual, Emosional dan Spiritual.

Pernah lihat orang Kaya Mendadak akibat Warisa, Lotre atau Baru selesai jual aset (Misal Tanah), tentu otomatis uangnya banyak dalam waktu seketika. Lalu pernah lihat orang kaya mendadak itu perlahan-lahan jatuh miskin kembali? Ya. Karena saat memiliki uang banyak orang tersebut tidak siap, tidak memiliki kecerdasan yang cukup untuk mengelola.

Di kejadian lain, pernah lihat orang kaya jatuh miskin secara mendadak, misal akibat Bencana Gempa Bumi. Semua aset hilang seketika, namun perlahan-lahan semua yang hilang bisa beliau dapatkan kembali dan akhirnya orang tersebut jadi kaya kembali. Kenapa? Karena dia punya aset tak ternilai harganya, yaitu kecerdasan.

Lalu bagaimana cara mendapatkan kecerdasan? Apakah bisa kita beli? Tidak, tapi bisa kita latih dalam dunia pendidikan formal maupun tidak formal, pengalaman yang dievaluasi lalu dijadikan pembelajaran, dan lain sebagainya.

Sekaya apa pun seseorang tidak akan mampu membeli kecerdasan, semiskin apa pun seseorang punya potensi memperoleh kecerdasan. Karena kecerdasan ada pada 1 hal saja, yaitu KEINGINAN BELAJAR.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.